Penjelasan Lengkap Tentang Panel Sandwich

Pengembangan dunia infrastruktur memang sangat pesat, terlebih dengan adanya teknologi yang memungkinkan menciptakan produk termutakhir dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern.

Bangunan modern sedikit berbeda dengan bangunan konvensional. Bukan hanya dalam hal ketahanan saja, tetapi juga nilai estetika dan efektivitas pengaplikasiannya.

Salah satu produk hasil inovasi terbaru dalam bidang konstruksi adalah panel sandwich. Material yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Bukan tanpa alasan, hal ini karena material ini memiliki banyak keuntungan dan sangat sesuai digunakan di jaman modern.

Terbuat dari material yang dapat meredam berbagai suhu membuat ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Banyak diantaranya yang mungkin belum terlalu paham dengan panel sandwich, karena itu PT. Citicon Nusantara Industries kali ini akan memberikan informasi tentang apa itu panel sandwich, jenis-jenisnya, dan keunggulannya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Panel Sandwich

Panel Sandwich adalah sebuah panel yang yang terdiri atas 3 lapisan, untuk bagian layer tengahnya merupakan sebuah lapisan material paling tebal dengan tingkat kepadatan tinggi dibanding layer lainnya. Tetapi pada layer tengah tersebut memiliki kekuatan yang lebih rentan dari yang layer pengapitnya.

Lapisan Inti (Core) Sandwich Panel

Lapisan inti (core) berguna sebagai insulasi untuk mengurangi laju perpindahan energi panas atau dingin ketika terjadi perubahan suhu. Terdapat beberapa jenis lapisan inti (core) pada sandwich panel sebagai berikut:

1. Expanded Polystyrene

Expanded Polystyrene (EPS) adalah bahan insulasi yang ringan, bebas CFC, foam tidak rapuh/getas, dan kemampuan transmisi uap air yang sangat rendah (sehingga mencegah penguapan) namun tidak tahan dengan suhu panas. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran, yaitu 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.

2. Polyurethane

Polyurethane (PU) adalah material foam yang kaku dan keras dengan bahan campuran atau hasil pengisolvenan antara karet dan plastik sehingga didapatkan material yang memiliki keunggulan sangat tahan gesek, tahan aus, tahan terhadap beberapa kimia ringan, stabil dalam suhu dingin dan panas serta baik dalam penghematan energi, dan juga dapat mencegah kondensasi. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran dalam ukuran 50, 75, 100, 125, 150 mm.

3. Glasswool Panel

Glasswool Panel memiliki karakteristik tahan api dan tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar. Umumnya tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, 125 mm.

Jenis Sandwich Panel

Ada beberapa jenis sandwich panel yang paling sering digunakan masyarakat dalam proses pembangunan. Biasanya menggunakan material berstruktur lapisan yang lebih tahan lama, salah satunya sandwich panel yang digunakan dalam sebuah pembangunan khusus yang kuat tahan lama. Sandwich panel terdiri dari dua jenis, yaitu:

Panel Sandwich Dinding

Jenis panel sandwich dinding biasanya digunakan dalam konstruksi dinding bangunan, dinding interior, dan pastisi. Ini bisa Anda temukan pada bangunan-bangunan komersial, gedung, atau juga rumah hunian.  Panel ini dapat menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan fungsi batu bata, bata ringan, atau batako.

Panel Sandwich Atap

Sedangkan jenis sandwich panel atap ini adalah jenis yang umumnya digunakan dalam pembangunan rumah prefabikasi, sandwich panel yang digunakan adalah jenis EPS tipe ThermaDeck PRO dengan lebar 1.050mm dan tebal 50-100 mm.

Apa Keunggulan Panel Sandwich?

Panel sandwich diakui secara luas karena sejumlah keuntungan, terutama yang berkaitan dengan biaya. Perbandingan antara teknologi bingkai atau partisi tiang (bingkai yang dilapisi dengan panel sandwich) dan teknologi bangunan tradisional berdasarkan dinding batu mengungkapkan keunggulan panel sandwich di tiga bidang utama:

1. Pemasangan Cepat

Sebuah bangunan yang didasarkan pada proses pasangan bata tradisional dapat memakan waktu 6 sampai 7 bulan untuk menyelesaikannya.

Sebuah bangunan dengan volume yang sama menggunakan partisi tiang hanya membutuhkan waktu 1 bulan untuk menyelesaikannya.

Waktu konstruksi tentu sangat penting bagi bisnis. Semakin cepat bangunan atau gudang produksi ditugaskan untuk digunakan, semakin cepat pengembalian investasi dapat dicapai.

2. Kuat dan Tahan Lama

Panel Sandwich terbuat dari material berkualitas sehingga dapat menghasilkan produk yang berdaya tahan kuat. Panel ini juga bisa dipasang pada gedung pencakar langit.

Kekuatannya sudah lolos uji coba, dan memiliki nilai efisien mencapai 25 tahun lebih. Sangat menguntungkan bukan? Anda tidak perlu meragukan kekuatannya, yang pasti aman untuk segala jenis bangunan. 

3. Dapat Didekorasi dengan Mudah

Panel sandwich ini mudah dalam hal dekorasi, baik di paku, di bor, atau lainnya untuk kepentingan dekorasi. Hal ini akan menjadi nilai lebih pada sebuah bangunan. Karena sandwich panel dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dekorasi bangunan.

4. Meredam Suara

Panel Sandwich didesain agar lebih meredam suara. Panel ini memiliki kemampuan peredam suara yang bagus. Sangat cocok untuk diaplikasikan pada bangunan industri atau yang memiliki lingkungan bising lainnya.

5. Meredam Suhu Panas

Panel Sandwich memiliki kemampuan untuk meredam panas lebih baik sehingga akan menciptakan suhu sejuk dalam ruangan.

Bagaimana Proses Pemasangan Panel Sandwich Dinding Atau Atap?

Pemasangan Panel sandwich mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dari pengalaman praktis, pemasangan panel sandwich seluas 600 m 2 membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk tukang konstruksi yang mahir.

Langkah-langkah memasang panel sandwich dinding dan atap adalah sebagai berikut:

  1. Dinding yang akan dipasang pintu, jendela atau bagian terbuka lainnya bisa di sesuaikan dengan cara dipotong menggunakan gerinda potong.
  2. Pasang pelat bawah (C-Channel 60) di atas sloof menggunakan paku 5” (Inci) setiap 1 meter
  3. Oleskan perekat pada bagian bawah dinding yang akan kita pasang pada sloof
  4. Oleskan perekat pada setiap sisi panel yang akan kita sambung (gunakan jangkar di bagian bawah dinding setelah kita pastikan dinding berdiri tegak)
  5. Pasang panel dinding dengan pola zigzag, misalnya jika tinggi dinding 300 cm, gunakan panel dengan ukuran 240 cm + 60 cm (menempelkan paku secara diagonal pada setiap sambungan panel dinding)
  6. Penggiling pada sambungan panel untuk instalasi listrik dan air
  7. Pasang pelat atas (C-Channel 60) jika semua panel telah terpasang
  8. Tambahkan pita serat 50 mm untuk memperkuat sambungan dan lapisi dengan compound untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  9. Penggunaan panel dinding sandwich dalam konstruksi menghilangkan kebutuhan untuk penyelarasan awal bangunan.

Mengingat waktu pemasangan yang singkat dan cakupan unit yang besar, panel sandwich sangat cocok untuk:

  • Rumah hunian
  • Bangunan gudang
  • Fasilitas olahraga
  • Pusat perbelanjaan
  • Bangunan manufaktur
  • Gedung kantor

Merk Panel Sandwich Terbaik

Merk panel sandwich terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Panel Sandwich Citicon yang diproduksi oleh PT. Citicon Nusantara Indusries.

Spesifikasi Panel Sandwich Citicon

Perbandingan Bata Merah, Bata Ringan, Panel Sandwich Citicon

Nah, inilah penjelasan tentang panel sandwich yang bisa Anda pahami. Jika Anda berminat membeli panel sandwich di wilayah Yogyakarta, PT. Citicon Nusantara Industries bisa menjadi solusinya. Kami menyediakan panel sandwich berkualitas dengan harga terjangkau.

Hubungi sekarang juga dan dapatkan penawaran spesial!

KLIK TOMBOL DIBAWAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close